ROHIS Must GO PUBLIC !!!


Pada saat ini, Organisasi Rohani Islam (ROHIS) telah menjadi salah satu Organisasi yang masuk pada jajaran Organisasi Favorit pilihan pelajar ataupun mahasiswa. Banyak dari mereka berlomba untuk bergabung dengan organisasi yang satu ini dengan semangat keorganisasian yang tinggi dan semangat Dakwah Islam. Selain itu juga, ROHIS cukup aktif dalam melakukan event-event keIslaman disekitar sekolah/kampus di setiap tahun, bulan, dan bahkan perminggunya dengan konsep yang sarat penuh ilmu dan Ukhuwah Islamiyah. Pemikiran-pemikiran baru mengenai dakwah islam terus berkembang dan cenderung merupakan ide brilian untuk terus direalisasikan.


Karena itulah, sekarang saatnya tepat ROHIS must go public, berdakwah langsung ke lingkungan masyarakat. Ini sangat berguna dalam peluasan proses dakwah islam dan juga memberikan peluang kader-kader baru untuk mencurahkan pemikiran-pemikiran dakwah mereka dan juga membangun ukhuwah Islamiyah yang lebih erat, baik itu dengan sesama kader maupun dengan masyarakat lainnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukannya. Salah satunya, Pertama, ROHIS bisa mengadakan event-event keislaman perminggu atau perbulannya ke sekolah-sekolah/kampus dengan jadwal rutin dengan materi yang fresh bagi mereka dengan konsep yang berbeda, misalnya seminar motivasi, seminar Kepemimpinan (Leadership), Ceramah dengan konsep menyentuh dengan permasalahan yang ada dengan para audience dan juga Obrolan Santai namun penuh Ilmu. Dan ketika ini telah dilakukan, bukan hanya dakwah islam semakin menyebar namun Ini menjadi celah bagi ROHIS untuk berinteraksi dan menjadikan media yang tepat untuk berkerja sama, berbagi ilmu, ide, dan pengalaman dengan ROHIS lainnya serta merupakan usaha membangun relasi dan ukhuwah islamiyah yang kuat antar ROHIS demi majunya dakwah islam kedepannya.

Kedua, ROHIS bisa mengadakan kegiatan Sosial. mungkin ini tidak awam lagi dilakukan namun bisa dijadikan cara yang tepat untuk memberikan nilai islam ke masyarakat. Lalu apa yang menjadi beda disini? Nah inilah saatnya para kader ROHIS harus menunjukkan ide-ide dakwah briliannya. Sebagai contoh misalnya, mengadakan tafakur alam dengan anak-anak yatim piatu disertai penjelasan-penjelasah islam yang ringan oleh pembicara yang memang diundang untuk ikut. Dan menjadi puncak acaranya, diadakan penanaman pohon bersama serta shalat bersama dan diakhiri dengan seminar motivasi dan doa. Ini cukup menarik untuk dilakukan apalagi pengaruh globalisasi yang semakin pesat membuat para generasi muda menjadi jarang memperhatikan lingkungan disekitarnya dan yang menjadi menarik, adanya penjelasan-penjelasan islam selama tafakur alam berlangsung dan diakhiri dengan seminar motivasi dan doa bersama sebagai cara agar mereka lebih bersemangat dalam menjaga lingkungannya dan mendekatkan diri pada sang pencipta Allah Azza Wa Jallah.

Sekarang yang ketiga, ROHIS bisa mengadakan event bersifat dakwah islam yang sasarannya adalah remaja. Contohnya ROHIS bisa mengadakan festival band dengan tema aransemen lagu islam. Loh kok gak ngadain nasyid biar bener-bener islam? Alasannya adalah tidak semua remaja suka dengan aliran nasyid, hanya kalangan tertentu saja yang menikmatinya. Karena sebagian besar remaja lebih suka lagu-lagu band dan beraliran Pop Rock, inilah saatnya dakwah islam melakukan adaptasi sejauh tidak melanggar aturan agama. Agar unsur islam tetap ada dalam pergelaran festival tersebut, maka aransemen lagu islam merupakan pilihan tepat sebagai tema dari festival. Apalagi sekarang, banyak band-band nasional telah mengeluarkan album religinya dan peminatnya pun banyak.

Dan cara yang lainya bisa dicari oleh anggota ROHIS. Nah sekarang yang sering manjadi masalah dalam pelaksanaan itu semua dibutuhkan kelancaran pendanaan. Inilah saatnya anggota ROHIS dituntut memiliki jiwa wirausaha dan kemampuan negosiasi yang mumpuni. Dalam hal ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Buatlah rancangan proposal yang bagus dan memiliki alas an kenapa client yang akan kita ajak mau berkerjasama. Keuntungan apa yang akan mereka dapatkan ketika ikut berkerja sama.
2. Event yang akan dilakukan harus sudah siap baik itu SDM yang akan bekerja disana maupun tempat dan sasaran audience.
3. Kirimkan proposal kepada sasaran yang akan diajak kerjasama. Dan pantau setiap proposal yang dikirim.
4. Jika telah ada konfirmasi dari klien, buatlah outline/point list yang akan dibicarakan ketika negoisasi berlangsung. Tetapkan dengan mantap dana yang kerjasama sesuai proposal dan keuntungan-keuntungan yang akan didapat dari kerjasama tersebut. Jadi singkatnya, kita bukan meminta sumbangan dana namun dana kerjasama yang bersifat take and give.
5. Lakukan negoisasi dengan confident dan jangan pernah merasa kita dibawah mereka tapi bersikaplah kita adalah bos dari usaha yang akan kita lakukan dalam hal ini event yang akan digelar.
6. Ketika kerjasama berlangsung dengan lancar, untuk tahap selanjutnya akan semakin mudah. Kita hanya harus menjaga komitmen kerjasama yang dibuat dan berusaha tetap professional.
7. Terakhir, ketika acara telah berakhir. Buatlah laporan hasil dari event khususnya laporan keuangan untuk diberikan kepada klien. Ini perlu dilakukan untuk menarik kepercayaan klien sehingga nantinya akan gampang diajak kembali berkerjasama jikalau ada event lagi yang akan dilakasanakan.

Ketika itu semua telah tercapai, tinggal ROHIS berpikir bagaimana mengisi uang kas sendiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. ROHIS bisa menerbitkan mini koran gratis tentang informasi agama dan remaja islam untuk setiap event yang dilakukan. Penghasilan yang didapat adalah dengan menyediakan kolom advertising di mini Koran tersebut. Untuk itu ROHIS bisa menjalin kerjasama dengan pihak lain dengan keuntungan kerjasama yang jelas. Bayangkan kalau event dilakasankan perbulan atau perminggu, contohnya seminar kesekolah-sekolah, berapa banyak pemasukan yang akan didapat, apalagi jika mini Koran sudah memiliki klien tetap melihat lancarnya program tersebut.
2. ROHIS bisa berkerjasama dengan penerbit buku untuk menjual buku mereka di setiap event dengan system bagi hasil yang bagus.
3. ROHIS juga bisa menjual accessories bernuansa islam seperti pin, gantungan kunci, gelang, dan lainnya disetiap event.
4. Kalau sudah pesat perkembangannya, ROHIS bisa menerbitkan majalah islam dan sudah tentu pamasukkannya semakin banyak hasil dari advertising dan penjualan.
5. Dan banyak lagi yang lainnya

Nah, ketika telah program-program kerja terlaksana, Sponsorship dan Pemasukan ada, tinggal ROHIS dituntut untuk memperkuat strukutur Organisasi dan manajemen keuangan. Anggota yang memiliki tanggung jawab masing-masing harus professional bekerja sesuai bidangnya.

Well, sekarang waktu yang tepat kan untuk ROHIS GO PUBLIC!!!
http://mirfagah.wordpress.com/2008/10/28/rohis-must-go-public/#more-112



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan